logo mahkamah agung website ramah difable
Selamat Datang di Pengadilan Agama Solok ini merupakan website resmi milik Pengadilan Agama Solok yang berisikan informasi dan berita kegiatan seputar Pengadilan Agama Solok. Manfaatkan layanan informasi online kami melalui portal yang telah kami sediakan ini. terima kasihnyamanannya. Telusuri Perkara
Pengadilan Agama Solok Meraih Predikat "A Excellent' Bertempat di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan Tanggal 13 Juli 2018 Pengadilan Agama Solok mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang di serahkan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH., didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, dan para Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Agama dan Militer dan Tata Usaha Negara, kepada Ketua Pengadilan Agama Solok yang dalam hal ini diwakili oleh Assesor Internal PA Solok Nursal, S.Ag.,M.Sy
Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016, perihal Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.5-5), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Telusuri Perkara
Hati-hati terhadap tindakan penipuan Hati-hati terhadap tindakan penipuan yang mengatas-namakan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada umumnya maupun Pengadilan Agama Solok pada khususnya. Laporkan segala tindak penipuan ke https://siwas.mahkamahagung.go.id atau laporan anda dapat juga melalui SMS Center Pengadilan Agama Solok. Kunjungi

Template Website ini merupakan standarisasi website untuk seluruh badan peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung

Daftar Perkara
  • Anda Dapat Dengan Mudah
  • Mendaftarkan Perkara
  • di Pengadilan Agama Solok
  • Selain Sederhana
  • Juga Cepat
Lihat Jam Pelayanan
Panggilan Sidang
  • Setelah Perkara Anda Terdaftar
  • Anda Akan Dipanggil Oleh Jurusita
  • Ke Alamat Yang Anda Cantumkan
  • Di Gugatan/Permohonan
  • Begitu Juga Pihak Yang Anda Gugat [jika gugatan]
Selengkapnya
Jadwal Sidang
  • Lihat jadwal sidang
  • anda melalui
  • Jadwal sidang Online
  • agar lebih tepat
  • dan pasti
Lihat Jadwal Sidang
Cek Putusan
  • Jika Perkara Anda Telah Diputus
  • Anda Akan Diberikan Salinan Putusan/Penetapan
  • Yang Juga Dapat Anda Akses Melalui
  • Portal Direktori Putusan
  • Mahkamah Agung Republik Indonesia
Hitung Langsung

Whistleblowing System.?

APA ITU WHISTLEBLOWING ? adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan. Badan Pengawasan Mahkamah Agung akan merahasiakan identitas pribadi Anda sebagai whistleblower karena Badan Pengawasan hanya fokus pada informasi yang Anda laporkan.

Lanjut

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

SIMARI-Terintegrasi dikembangkan untuk dipergunakan secara nasional. Sistem ini dapat diakses melalui situs mahkamahagung.go.id. Sistem ini meneraplan “single sign in” sebagai cara mengotentifikasi user. Dengan sekali login, pengguna dapat mengakses beberapa aplikasi sekaligus. Ketua MA mengatakan, SIMARI sangat diperlukan untuk mengimplementasikan SK KMA No. 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan dan SK KMA No. 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan. SIMARI-Terintegrasi perlu dibangun, menurut Ketua MA, lantaran sejak lembaga peradilan berada dalam satu atap di bawah MA pada tahun 2005, masing-masing satker dan pengadilan mengembangkan aplikasi maupun sistem informasi sendiri-sendiri. “Di satu sisi sangat positif dalam rangka meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat namun di sisi lain hal negatifnya adalah tidak efisien dan tidak efektif,” tandasnya.

Lanjut

Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sehubungan dengan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 197-1/SEK/KU.01/7/2015 tanggal 27 Juli 2015 tentang hal tersbut pada pokok surat serta telah dilaksanakannya Monitoring dan Evaluasi Data Kepegawaian pada hari Senin tanggal 10 Agustus 2015, bersama ini diharapkan masing-masing satuan kerja melengkapi data kepegawaian yang dibutuhkan dalam Aplikasi SIKEP tersebut.

Lanjut

Sistem Informasi Perkara Mahkamah Agung Republik Indonesia

Tersedia informasi tentang perkara yang pada Mahkamah Agung Republik Indonesia dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Database diperbaharui secara berkala dan mencakup perkara yang telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2009. Oleh karena database secara berkala terus diperbarui, maka hasil pencarian dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Penggunaan informasi yang diperoleh melalui Fasilitas Pencarian Sebelum mengandalkan informasi dalam database untuk tujuan lainnya, pengguna harus hati-hati mengevaluasi akurasi, mata uang, kelengkapan dan relevansi dengan tujuan yang akan digunakan. Perlu dicatat bahwa, dalam kaitannya dengan perkara, informasi yang tampil bukanlah catatan resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Lanjut

Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Web) Mahkamah Agung Republik Indonesia

Dengan diterbitkannya surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016, perihal Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.5-5), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini..

Lanjut

Komunikasi Data Nasional (KOMDANAS) Mahkamah Agung Republik Indonesia

Menciptakan Good Govermance merupakan impian semua pihak agar terciptanya kesejahteraan dan kestabilan. Diantara syarat pemerintah yang baik adalah responsiveness (cepat tanggap), transparansi penegarakan hukum, berpartisipasi, efektif dan efisien. Syarat-syarat itulah saat ini sedang digalakan Mahkamah Agung RI. Tak hanya itu, keterbukaan informasi publik, peningkatan pelayanan, serta terus meningkatkan performa dan kapabilitas dalam reformasi birokrasi juga sedang dan terus dilakukan lembaga peradilan dibawah Mahkamah Agung. Salam satu yang dilakukan Mahkamah Agung adalah menciptakan system aplikasi terpadu yang disebut dengan KOMDANAS (Komunikasi Data Nasional). KOMDANAS merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai media penyimpanan dan database sentral berisi data-data asset, kepegawaian, keuangan dan remunerasi.

Lanjut

Fokus Pengumuman

  • klik untuk melihat

Berita Terkini

Articles

Struktur Organisasi PA Solok (2)

STRUKTUR ORGANISASI ( TUPOKSI )

Struktur Organisasi Pengadilan Agama Solok

 

A. Penyusunan Alur Tupoksi

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 dan perubahannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 serta perubahannya Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Pengadilan Agama, yaitu :

Pimpinan / Pejabat Negara (Jabatan Fungsional)

1

Ketua

:

1 Orang

2

Wakil Ketua

:

Nihil

3

Hakim

:

4 Orang

 

 

No

NAMA / NIP

JABATAN

Pangkat / Golongan

Ket

1

Dra. Hj. Ernawati, SH

Ketua

Pembina Tk. I (IV/b)

 

2

Nihil

 

Wakil Ketua

-

 

3

Drs. Asril

Hakim

Pembina Tk. I (IV/b)

 

4

Nursal, S.Ag.,M.Sy

Hakim

Pembina (IV/a)

 

5

Elmishbah Ase, SHI

Hakim

Penata (III/c)

 

6

Areifarahmy, SHI.,MA

Hakim

Penata (III/c)

 

 

     

 

Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Solok, keduanya disebut sebagai pimpinan yang bertugas dan bertanggung jawab atas terselenggaranya peradilan yang baik dan menjaga terpeliharanya citra Pengadilan Agama Solok dalam melaksanakan tugas dan rencana kerja. Ketua dan Wakil Ketua memahami seluruh tugas teknis yustisial dan administrasi perkara maupun administrasi umum yang dibebankan oleh undang-undang untuk mewujudkan keserasian kerja di antara para pejabat disamping mendorong dan memberikan kesempatan bagi warga pengadilan untuk meningkatkan pengetahuan dan karir sepanjang tidak mengganngu kelancaran tugas-tugas dan kewajibannya sebagai pejabat atau staf pada Pengadilan Agama Solok. Ketua Pengadilan Agama Solok bertangung jawab atas terselenggaranya peradilan yang baik menjaga terpeliharanya wibawa dan citra pengadilan.

Hakim melaksankan tugas selaku hakim yang memeriksa dan mengadili perkara juga berkewajiban untuk membantu pimpinan dalam hal membuat program serta melakukan pengawasan sesuai bidang yang diberikan tentang penyelenggaraan administrasi pengadilan kemudian melaporkan hasilnya kepada Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Solok.

 

Pejabat Kepaniteraan

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 dan perubahannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 serta perubahannya Undang-Undang Nomor 50 Tahun 2009 pasal 27 tentang Pengadilan Agama Tingkat Pertama terdiri dari, yaitu :

1

Panitera

:

1 Orang

2

Panitera Muda

:

3 Orang

3

Panitera Pengganti

:

3 Orang

4

Jurusita/ Jurusita Pengganti

:

2 Orang

 

 

 

 

 

 

No

NAMA / NIP

JABATAN

Pangkat / Golongan

Ket

1

Drs. H. Yusnedi

Panitera

Penata Tk. I (III/d)

 

2

Afdal, SH

Panmud Gugatan

Penata Tk. I  (III/d)

 

3

Hj.Nurbani, SH

Panmud

Permohonan

Penata Tk. I  (III/d)

 

4

Erathoni Agung Saripraja, SH

Panmud Hukum

Penata (III/c)

 

5

Jasril, SH

Panitera Pengganti

Penata (III/c)

 

6

Fadila Rusyda,SHI

Panitera Pengganti

Penata Muda (III/a)

 

7

Amelia, SHI

Panitera Pengganti

Penata Muda (III/a)

 

8

Irwan Ependi, A.Md

Jurusita

Pengatur Tk. I (II/d)

 

9

Dodi Siswanto

Jurusita Pengganti

Penata Muda (III/a)

 

Pejabat kepaniteraan juga membantu pimpinan dalan menyusun program kerja serta melaksanakan program kerja untuk mewujudkan visi misi Mahkamah Agung yang mandiri tersebut.

 Pejabat kesekretariatan

Kesekretariatan Pengadilan mempunyai tugas melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana Pengadilan Agama Solok yang terdiri dari :

1

Sekretaris

:

1 Orang

2

Kasubag

:

3 Orang

3

Staf

:

1 Orang

 

No

NAMA / NIP

JABATAN

Pangkat / Golongan

1

Rismal Riandi, SH

Sekretaris

Penata Tk. I (III/d)

2

Ibnal Fauzi, SHI

Kasubag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan

Penata (III/c)

3

Roza Elfina, SH

Kasubag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana

Penata (III/c)

4

Febrianto, A.Md

Kasubag Umum dan Keuangan

Penata Muda Tk. I (III/b)

5

Nelzi Lufan Nova, SE

Staf Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan

III/b Penata Muda Tk. I

  

 

1

Ketua

:

-

2

Wakil Ketua

:

1 Orang

3

Hakim

:

5 Orang


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2016 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas