logo mahkamah agung website ramah difable
Selamat Datang di Pengadilan Agama Solok ini merupakan website resmi milik Pengadilan Agama Solok yang berisikan informasi dan berita kegiatan seputar Pengadilan Agama Solok. Manfaatkan layanan informasi online kami melalui portal yang telah kami sediakan ini. terima kasihnyamanannya. Telusuri Perkara
Pengadilan Agama Solok Meraih Predikat "A Excellent' Bertempat di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan Tanggal 13 Juli 2018 Pengadilan Agama Solok mendapatkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang di serahkan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH., didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, dan para Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Agama dan Militer dan Tata Usaha Negara, kepada Ketua Pengadilan Agama Solok yang dalam hal ini diwakili oleh Assesor Internal PA Solok Nursal, S.Ag.,M.Sy
Cara Mudah Telusuri Perkara Dengan diterbitkannya surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016, perihal Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.5-5), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini. Telusuri Perkara
Hati-hati terhadap tindakan penipuan Hati-hati terhadap tindakan penipuan yang mengatas-namakan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada umumnya maupun Pengadilan Agama Solok pada khususnya. Laporkan segala tindak penipuan ke https://siwas.mahkamahagung.go.id atau laporan anda dapat juga melalui SMS Center Pengadilan Agama Solok. Kunjungi

Template Website ini merupakan standarisasi website untuk seluruh badan peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung

Daftar Perkara
  • Anda Dapat Dengan Mudah
  • Mendaftarkan Perkara
  • di Pengadilan Agama Solok
  • Selain Sederhana
  • Juga Cepat
Lihat Jam Pelayanan
Panggilan Sidang
  • Setelah Perkara Anda Terdaftar
  • Anda Akan Dipanggil Oleh Jurusita
  • Ke Alamat Yang Anda Cantumkan
  • Di Gugatan/Permohonan
  • Begitu Juga Pihak Yang Anda Gugat [jika gugatan]
Selengkapnya
Jadwal Sidang
  • Lihat jadwal sidang
  • anda melalui
  • Jadwal sidang Online
  • agar lebih tepat
  • dan pasti
Lihat Jadwal Sidang
Cek Putusan
  • Jika Perkara Anda Telah Diputus
  • Anda Akan Diberikan Salinan Putusan/Penetapan
  • Yang Juga Dapat Anda Akses Melalui
  • Portal Direktori Putusan
  • Mahkamah Agung Republik Indonesia
Hitung Langsung

Whistleblowing System.?

APA ITU WHISTLEBLOWING ? adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan. Badan Pengawasan Mahkamah Agung akan merahasiakan identitas pribadi Anda sebagai whistleblower karena Badan Pengawasan hanya fokus pada informasi yang Anda laporkan.

Lanjut

Sistem Informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia

SIMARI-Terintegrasi dikembangkan untuk dipergunakan secara nasional. Sistem ini dapat diakses melalui situs mahkamahagung.go.id. Sistem ini meneraplan “single sign in” sebagai cara mengotentifikasi user. Dengan sekali login, pengguna dapat mengakses beberapa aplikasi sekaligus. Ketua MA mengatakan, SIMARI sangat diperlukan untuk mengimplementasikan SK KMA No. 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan dan SK KMA No. 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan. SIMARI-Terintegrasi perlu dibangun, menurut Ketua MA, lantaran sejak lembaga peradilan berada dalam satu atap di bawah MA pada tahun 2005, masing-masing satker dan pengadilan mengembangkan aplikasi maupun sistem informasi sendiri-sendiri. “Di satu sisi sangat positif dalam rangka meningkatkan pelayanan yang baik kepada masyarakat namun di sisi lain hal negatifnya adalah tidak efisien dan tidak efektif,” tandasnya.

Lanjut

Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sehubungan dengan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 197-1/SEK/KU.01/7/2015 tanggal 27 Juli 2015 tentang hal tersbut pada pokok surat serta telah dilaksanakannya Monitoring dan Evaluasi Data Kepegawaian pada hari Senin tanggal 10 Agustus 2015, bersama ini diharapkan masing-masing satuan kerja melengkapi data kepegawaian yang dibutuhkan dalam Aplikasi SIKEP tersebut.

Lanjut

Sistem Informasi Perkara Mahkamah Agung Republik Indonesia

Tersedia informasi tentang perkara yang pada Mahkamah Agung Republik Indonesia dan untuk dapat menggunakan layanan ini Anda WAJIB menyetujui Disclaimer ini. Database diperbaharui secara berkala dan mencakup perkara yang telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2009. Oleh karena database secara berkala terus diperbarui, maka hasil pencarian dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Penggunaan informasi yang diperoleh melalui Fasilitas Pencarian Sebelum mengandalkan informasi dalam database untuk tujuan lainnya, pengguna harus hati-hati mengevaluasi akurasi, mata uang, kelengkapan dan relevansi dengan tujuan yang akan digunakan. Perlu dicatat bahwa, dalam kaitannya dengan perkara, informasi yang tampil bukanlah catatan resmi Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Lanjut

Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Web) Mahkamah Agung Republik Indonesia

Dengan diterbitkannya surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016, perihal Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.5-5), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini..

Lanjut

Komunikasi Data Nasional (KOMDANAS) Mahkamah Agung Republik Indonesia

Menciptakan Good Govermance merupakan impian semua pihak agar terciptanya kesejahteraan dan kestabilan. Diantara syarat pemerintah yang baik adalah responsiveness (cepat tanggap), transparansi penegarakan hukum, berpartisipasi, efektif dan efisien. Syarat-syarat itulah saat ini sedang digalakan Mahkamah Agung RI. Tak hanya itu, keterbukaan informasi publik, peningkatan pelayanan, serta terus meningkatkan performa dan kapabilitas dalam reformasi birokrasi juga sedang dan terus dilakukan lembaga peradilan dibawah Mahkamah Agung. Salam satu yang dilakukan Mahkamah Agung adalah menciptakan system aplikasi terpadu yang disebut dengan KOMDANAS (Komunikasi Data Nasional). KOMDANAS merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai media penyimpanan dan database sentral berisi data-data asset, kepegawaian, keuangan dan remunerasi.

Lanjut

Fokus Pengumuman

  • klik untuk melihat

Berita Terkini

Articles

Uraian Tugas Umum dan Keuangan

KASUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN

 

URAIAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Memeriksa ketersediaan Dana Anggaran dalam DIPA
  2. Menyusun Rencana Pengguna Anggaran Belanja Rutin setiap tahun
  3. Melaksanakan realisasi anggaran sesuai DIPA
  4. Tugas dan kewajiban pejabat penguji SPP dan penanda tangan SPM
  5. Memeriksa kelengkapan berkas SPP yang selanjutnya dilaporkan ke KPPN untuk penerbitan SP2D
  6. Mengikutkan Pejaba/Pegawai Keuangan dalam setiap kegiatan aplikasi mengenai mekanisme pembayaran gaji dari laporan keuangan

 

STAF SUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN

 

URAIAN TUGAS / PEKERJAAN :

  • Mengajukan permintaan uang persediaan, SPM dan mengelola uang persediaan yang tercantum dalam DIPA
  • Membukukan uang persediaan ke dalam :
  1. Buku kas Tunai
  2. Buku Kas Umum
  3. Buku Penerimaan dan Penyetoran Pajak
  4. Buku Bank
  5. Buku Bantu per MAK
  • Melaksanakan pembayaran uang persediaan anggaran setelah :
  1. Meneliti kelengkapan Surat Perintah Pembayaran (SPP)
  2. Menguji kebenaran perhitungan tagihan yang tercantum dalam Surat Perintah Pembayaran (SPP)
  1. Membukukan semua penerimaan dan pengeluaran anggaran dalam Buku Kas Tunai dan Kas Umum
  2. Melaksanakan pemungutan dan penyetoran pajak ke kas negara melalui bank
  3. Menyiapkan kelengkapan SPP dan SPM untuk pengajuan/penggantian uang persediaan Anggaran Belanja
  4. Menutup Buku Kas Umum pada setiap akhir bulan ditandatangani Bendahara Pengeluaran dan Kuasa Pengguna Anggaran
  5. Mengajukan Permintaan Honorer Pegawai tiap Akhir Bulan
  6. Pemeriksaan buku kas oleh pengawasan keuangan, PT, MA kemudian membuat Berita Acara Penutupan Buku Kas oleh Bendahara

 

URAIAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Mengajukan permintaan gaji Pegawai dan SPM gaji setiap bulan
  2. Mengajukan permintaan uang makan pegawai setiap bulan
  3. Mengajukan permintaan kenaikan gaji pegawai, kenaikan gaji berkala/kenaikan pangkat, kekurangan gaji dan gaji susulan pegawai yang pindah tugas sesuai Surat Keputusan (SK)
  4. Mengisi Kartu Pegawai setiap bulan
  5. Mengajukan permintaan lembur pegawai
  6. Membuat laporan SPT PPH Pasal 21 tiap akhir tahun
  7. Mengajukan SKPP gaji pegawai yang pindah tugas dan pensiun
  8. Membuat RKA-KL

 

URAIAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Membuat Laporan Bulanan SAI/SAKPA
  2. Membuat dan menyampaikan daftar usulan tunjangan khusus kinerja (Remunerasi) pegawai dan pertanggungjawaban dimuka
  3. Membuat Laporan CALK tiap akhir tahun

URAIAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Membuat laporan keuangan Bappeda setiap bulan
  2. Membuat laporan Bappenas / PP 39 setiap 3 bulanan / Triwulan

URAIAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Melaksanakan tugas perbendaharaan yang bersumber dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP)
  2. Melaksanakan pemungutan PNBP dan penyetoran ke kas negara melalui Bank BRI cabang Buntok setiap 1 minggu sekali
  3. Melaksanakan tugas-tugas kebendaharaan penerima
  4. Membukukan ke Buku Kas Bendahara Penerima
  5. Membuat laporan bulanan dan triwulanan PNBP setiap akhir bulan untuk dilaporkan kepada biro keuangan PTA dan MARI

URAIAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Menerima dan membaca surat masuk
  2. Menerima Surat Dinas dari masing-masing unit yang akan dikirim
  3. Mencatat hasil disposisi dan meneruskan surat sesuai dengan disposisi
  4. Menerima permintaan kebutuhan kantor dari masing-masing bagian
  5. Membuat daftar rancangan kebutuhan investaris kaantor/BMN
  6. Mengajukan daftar barang rancangan anggaran belnja kepada kuasa pengguna anggaran
  7. Membuat rencana kegiatan pemeliharaan bangunan kantor
  8. Menyetujui perbaikan bangunan kantor
  9. Melakukan perawatan dan perbaikan bangunan kantor
  10. Menjalankan pengiriman surat keluar untuk memperlancar informasi keluar
  11. Membuat rancangan perbaikan service kendaraan dinas kantor
  12. Menyetujui perbaikan kendaraan dinas kantor
  13. Melakukan perawatandan perawatan dan perbaikan kendaraan dinas kantor
  14. Membayar pajak dan mengurus perpanjangan pajak kendaraan dinas
  15. Merencanakan pengelolaan perpustakaan kantor
  16. Mengumpulkan data dan dokumen barang yang akan dihapus

URAIAAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Membuat Laporan BMN setiap 6 Bulanan / Semester
  2. Mengimput data ke dalam aplikasi persediaan
  3. Melakukan opname fisik barang persediaan
  4. Menyampaikan laporan hasil opname fisik barang persedian
  5. Mengimput data barang milik negara (BMN) ke aplikasi
  6. Rekonsiliasi dengan KPKNL dan menyampaikan laporan BMN ke Korwil
  7. Meneliti dan mensortir surat keluar
  8. Mencatat seluruh surat masuk ke buku agenda surat masuk, memberikan nomor surat masuk, dan memberikan lembar disposisi
  9. Mencatat hasil disposisi dan meneruskan surat sesuai dengan disposisi
  10. Mendistribusikan surat dengan disposisi
  11. Memberikan nomor surat keluar dan mencatat surat keluar ke buku agenda surat keluar
  12. Mengerjakan pengetikan surat-surat keluar
  13. Mencatat surat-surat yang akan dikirim
  14. Mencatat kebutuhan sehari-hari perkantoran yang akan diadakan sesuai dengan permintaan masing-masing
  15. Mendistribusikan kepada masing-masing bagian sesuai dengan kebutuhan
  16. Menjalankan pengiriman surat keluar untuk mempelancar informasi keluar
  17. Membuat daftar investaris ruangan (DIR)
  18. Pengelolaan ATK / barang kantor

URAIAAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Mengisi buku induk perpustakaan
  2. Memberikan nomor pada buku dan membuat katalog buku
  3. Menata buku di rak sesuai dengan klarifikasinya
  4. Mengisi buku daftar pinjam kepada pegawai yang meminjam
  5. Memperpanjang masa peminjaman buku
  6. Mencatat pengembalian buku dalam buku pengembalian
  7. Menyimpan arsip dan dokumen kantor
  8. Pemeliharaan arsip, surat-surat dan dokumentasi kantor
  9. Melancarkan pelayanan pinjaman buku-buku perpustakaan

URAIAAN TUGAS / PEKERJAAN :

  1. Mengisi buku induk perpustakaan
  2. Memberikan nomor pada buku dan membuat katalog buku
  3. Menata buku di rak sesuai dengan klarifikasinya
  4. Mengisi buku daftar pinjam kepada pegawai yang meminjam
  5. Memperpanjang masa peminjaman buku
  6. Mencatat pengembalian buku dalam buku pengembalian
  7. Menyimpan arsip dan dokumen kantor
  8. Pemeliharaan arsip, surat-surat dan dokumentasi kantor
  9. Melancarkan pelayanan pinjaman buku-buku perpustakaan

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2016 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi


Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas