logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Berita Terkini

Tata Cara Memperoleh Pelayanan Informasi

Tata Cara Memperoleh Pelayanan Informasi

Cara Pengajuan Permohonan Informasi ke Pengadilan Agama Solok

A. Secara lisan

  1. Melalui telepon/Fax (0755)3210231, yakni pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 s/d 16.30 WIB
  2. Datang langsung ke kantor Pengadilan Agama Solok.

B. Secara tertulis

  1. Menyampaikan  surat resmi  yang  ditujukan  kepada  pimpinan  dalam hal  ini  Ketua  Pengadilan  Agama  Solok,  dengan  cara  diantar langsung,  dikirim  melalui  Fax. (0755) 3210231,  atau  melalui  pos  ke  alamat kantor di Jln. Kapten Bahar Hamid Laing – Kota Solok. Melalui e-mail  :This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  2. Pengajuan permohonan informasi secara tertulis wajib mencantumkan identitas secara lengkap dan benar

 

Penerimaan Pengajuan Permohonan Informasi oleh Pengadilan Agama Solok

  1. Setiap orang dapat mengajukan permohonan memperoleh informasi yang tidak tersedia dalam situs Pengadilan dengan cara mengisi formulir permohonan yang disediakan oleh Pengadilan.
  2. Petugas informasi dan dokumentasi memberikan tanda terima atas suatu permohonan informasi.
  3. Permohonan meminta fotokopi putusan dan penetapan Pengadilan pada semua tingkat peradilan diajukan kepada Pengadilan Tingkat Pertama.
  4. Petugas informasi dan dokumentasi memberikan keterangan selambat-lambatnya dalam waktu 3 (tiga) hari kerja terhitung sejak tanggal permohonan diterima. Keterangan tersebut berisi: a) ada atau tidak informasi yang dimohonkan; b) diterima atau ditolak permohonan, baik sebagian atau seluruhnya; c) Penolakan permohonan informasi, baik seluruhnya atau sebagian, harus memuat alasan-alasan. d) Dalam hal permohonan diterima, keterangan tersebut memuat pula biaya yang diperlukan.
  5. Petugas informasi dan dokumentasi dapat memperpanjang waktu pemberian keterangan dalam hal informasi yang dimohon: a) bervolume besar; atau b) tidak secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang terbuka sehingga petugas informasi clan dokumentasi perlu berkonsultasi dengan penanggungjawab.
  6. Perpanjangan waktu tersebut tidak boleh lebih dari 2 (dua) hari kerja.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2016 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi