logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara 562 PERESMIAN MUSHALLA DAN LAPANGAN TENIS PENGADILAN AGAMA SOLOK

Berita Terkini

Selamat Datang di Situs Resmi Pengadilan Agama Solok

PERESMIAN MUSHALLA DAN LAPANGAN TENIS PA SOLOK

“PERESMIAN MUSHALLA DAN LAPANGAN TENIS PENGADILAN AGAMA SOLOK SERTA TURNAMEN TENIS ANTAR PENGADILAN AGAMA PLUS PENGADILAN TINGGI AGAMA SEWILAYAH PENGADILAN TINGGI AGAMA PADANG”

Peresmian Mushalla Al-Ishlah dan Lapangan Tenis PA Solok

Pengadilan Agama Solok yang beralamat di Jl. Kapten Bahar Hamid Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok telah ditempati dan beraktifitas dalam melayani masyarakat sejak tanggal 3 Januari 2011, dimana sebelumnya Kantor Pengadilan Agama Solok beralamat di Kelurahan Ampang Kualo, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Adapun penandatanganan prasasti peresmian Gedung Pengadilan Agama tersebut adalah pada tanggal  21 Januari 2012 oleh Ketua Mahkamah Agung RI Bapak Dr. H. Harifin A. Tumpa SH, MH.

Pengadilan Agama Solok dengan luas tanah 8000 m2, merupakan lahan yang cukup luas untuk dibangunnya sarana dan prasarana dalam menunjang aktifitas bagi para pegawai sebagai Aparatur Sipil Negara dalam melayani masyarakat pencari keadilan.

Pada bulan Mei 2011, bermodalkan tekad, semangat para pegawai, honorer,  pembangunan mushalla dimulai secara gotong royong dan dana secara swadaya. Kemudian dengan adanya kunjungan Bapak Wakil Walikota Solok Bapak H. Zul Elvian Dt. Tianso, SH, M.Si ke Pengadilan Agama Solok, tanggal 5 September 2011, atas perhatian dan bantuan beliau, Alhamdulillah pada bulan Maret 2012, Mushalla tersebut sudah bisa dipakai untuk shalat berjamaah dan kegiatan dalam bulan Ramadhan.

 

Mushalla Al-Ishlah PA Solok

Bahwa disamping sarana untuk beribadah, sebagian pegawai juga menginginkan adanya sarana olah raga yaitu lapangan tenis. Sarana lapangan Tenis dimunculkan saat gotong royong pembangunan mushalla pada bulan Mei 2011, namun terkendala karena sisa lahan yang ada akan diwacanakan akan dibangun rumah dinas Ketua Pengadilan Agama.

Realisasi peletakan batu pertama lapangan tenis baru terwujud pada hari Senin tanggal 18 Maret 2013.

peletakan batu pertama lapangan tenis 

Oleh karena hanya bermodalkan tekad, semangat dan sumber dananya dari iyuran sebagian para pegawai, pembangunan lapangan tenis tidak berjalan sesuai harapan. Hampir 1 tahun bergotong royong, lapangan tenis baru bisa dipakai dengan bermain di lapangan tanah tanpa garis len dan tonggak net hanya dari kayu. 

Bermain tenis di lapangan tanah juga tidak berjalan lama karena sebagian pegawai juga ada yang menginginkan lapangan Bulu Tangkis dan Lapangan Volly Ball, sehingga setelah itu lapangan tenis tidak tersentuh lagi.

Kemudian setelah TIM Tenis Putri Pengadilan Agama Solok berhasil meraih juara I Tropi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang yang berlansung pada tanggal 5 s/d 6 Agustus 2016 di Payakumbuh, kembali diwacanakan untuk melanjutkan pembangunan lapangan tenis.

Tim Putri PA Solok

Pada hari Rabu tanggal 24 Agustus 2016 jam 14.00 WIB bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Solok, diadakan rapat tentang kelanjutan pembangunan lapangan tenis yang dipimpin langsung oleh Ketua Ibuk Burnalis. Pada rapat tersebut disepakati bahwa lapangan tenis harus dituntaskan, sehingga waktu itu, walaupun hanya beberapa hari lagi ibuk Ketua akan memimpin PA Solok karena promosi menjadi wakil Ketua PA Pariaman Kelas I/b, namun dengan semangat dan keikhlasan beliau, beliau Menyumbang uang sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah). 

Bak gayung bersambut, Bapak Sekretaris, Bapak Rismal Riandi, dengan kepiawaian beliau dalam menggugah hati perasaan kawan-kawan, sehingga tidak sampai waktu setengah   jam, waktu itu terkumpul dana sebesar Rp. 25.000.000,-   (dua puluh lima juta rupiah).

Hari kehari pembangunan lapangan mulai dilakukan, iyuran pun tetap berjalan, sehingga per Februari 2017, dana terkumpul dari iyuran pegawai mencapai 81.200.000,-  (delapan puluh satu juta dua ratus ribu rupiah).

 Lapangan Tenis PA Solok dari Waktu ke Waktu

Test Event sebelum Peresmian bersama Bapak KPTA, Hakim Tinggi, PA Painan, PA Ssolok DAN PA Sijunjung

Kemudian suatu hal yang sangat spesial, bahwa sewaktu pengecoran lapangan, PA Solok kedatangan wakil Ketua yaitu Bapak Muhammatd Ismet, beliau adalah mantan TIM Inti PTWP PTA Bengkulu Dan PTA Jabar, sehingga penyelesaian lapangan tenis semakin menggebu-gebu.

Pada hari Senin  tanggal 10 April 2017 lapangan tenis PA Solok sudah bisa dipakai untuk bermain tenis. Informasi selesainya lapangan tenis tersebut sangat cepat tersebar luas di masyarakat, sehingga PA Solok sering dikunjungi apakah bagi pemain tenis ataupun masyarakat lainnya seperti pelajar, mahasiswa, Masyarakat Kota Solok dan Kabupaten Solok baik untuk berfoto di lapangan tenis maupun dilokasi kantor sambil melihat keindahan alam dari Kantor Pengadilan Agama Solok.

Selanjutnya hari-hari yang ditunggu, hari yang sangat bersejarah, akhirnya dengan izin dan ridha ALLAH SWT, tanggal 15 Maret 2018, Mushalla Al –Ishlah Pengadilan Agama Solok diresmikan oleh Walikota Solok Bapak H. Zul Elvian Dt.Tianso, SH, M.Si dan Lapangan Tenis Pengadilan Agama Solok diresmikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang Bapak Drs. H. Hasan Basri Harahap, SH, MH.

Disamping peresmian Mushalla dan lapangan tenis yang dihadiri lengkap unsur FORKOPIMDA tersebut, malam harinya juga diadakan Rakor unsur Pimpinan Pengadilan Agama di Rumah Dinas Walikota Solok. Kemudian PA Solok dengan jumlah pegawai 19 orang + honorer 6 orang juga mengadakan pertandingan tenis antar Pengadilan Agama plus PTA sewilayah PTA Padang.

Suatu hal yang agak menyesakkan adalah waktu yang tersisa menjelang peresmian hanya tinggal 15 hari lagi. Oleh karena waktu terasa sangat begitu sempit, dan harus berpacu dengan waktu, dengan SDM yang sangat terbatas, tentunya segala energi, fikiran dikerahkan siang maupun malam. 

Hari Jumat tanggal 16 Maret 2018 jam 7.55 WIB, turnamen tenis antar PA sewilayah PTA Padang secara resmi dibuka oleh Ketua PTA Padang, Bapak Drs. H. Hasan Basri Harahap, SH, MH.

Upacara Pembukaan Turnamen Tenis KPTA Padang

Pembukaan Turnamen Tenis KPTA Padang 2018 di PA Solok

Pertandingan yang berlangsung selama dua hari tersebut Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan secara resmi ditutup oleh Wakil Ketua PTA Padang Bapak Drs. H. R. M Zaini, SH, MHI

Para juara pertandingan tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Juara I   : PA Padang Panjang (Tropi dari KPTA Padang).

2.      Juara II  : PA Painan (Tropi dari Walikota Solok).

3.      Juara III bersama : PA Padang dan PA Pariaman ( Tropi dari PTWP Daerah dan dari PA Solok.

4.      Juara IV bersama : PA Sijunjung, PA Muara Labuh, PA Payakumbuh dan PA Lubuk Sikaping.

5.      Satker Fair Play ; PA Solok.

6.      Pemain Favorit : Wahyu dari PA Painan.

 

Pemyerahan Piala Turnamen Tenis KPTA Padang 2018

 

Kepada semua atlet, official, kami sebagai tuan rumah mengucapkan terima kasih atas partisipasinya memenuhi undangan kami dan kami memohon maaf atas segala kesalahan dan ketidaknyamanan dalam pelayanan kami, disisi lain segala bentuk kekurangan tentu akan menjadi bahan evaluasi, sportivitas tentu harus dijunjung tinggi agar ajang silaturrahmi betul-betul bisa dinikmati. Terima Kasih Bapak KPTA Padang, Terima kasih Bapak wakil Ketua PTA Padang, terima kasih Bapak Walikota Solok, Bapak PTWP Daerah serta Bapak, Ibuk Pembina PTWP Cabang, tentunya kepada semua atlet tenis Peradilan Agama yang kami banggakan.

Diakhir tulisan ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak, ibuk alumni PA Solok yang selama ini telah ikut berbakti, berkontribusi dalam Pembangunan Mushalla dan lapangan tenis yang kita cintai.

 

Ucapan terima kasih khususnya kami sampaikan kepada bapak, ibuk pahlawan kami, semua pegawai, honorer, keluarga besar Pengadilan Agama Solok yang telah mencurahkan segala energi dan fikiran serta materi dan telah terlibat langsung dalam mengangkat acara yang langka ini. Walaupun nama bapak, ibuk tidak pernah diagungkan dan tidak kami cantumkan dalam tulisan ini, namun Allah Maha Adil dan Maha Mengetahui dan hanya kepadamu yaa Allah yaa Robbi kami berserah diri. (Asril/ Ketua PTWP PA Solok)

 

 


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2016 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi